- Jelaskan lingkaran putar secara keseluruhan.
Jawab
Lingkaran putar adalah lintasan yang di buat oleh titik putar kapal itu
Sewaktu
kapal tersebut berputar 360° atau lebih.
Lintasan yang terjadi merupakan jejak kapal yang di tinggal kan
Oleh titik berat ( G) kapal itu.
Definisi - Definisi
* ADVANCE ( lanjutan )
Jarak titik G sejak kapal di beri kemudi sampai arah kapal berobah
90° dari arah semula.
Jarak ini tergantung dari faktor- faktor
a.
massa kapal
seluruh nya
b.
besarnya bagian kapaldi bawah permukaan air ( draf )
c.
type daun kemudi
d.
dongak atau nuggingnya kapal
e.
panjang kapal.
Biasanya dalam praktek jarak ini kira-kira
4 kali panjang kapal.
* TRANSFER ( peralihan )
Jarak titik G tegak lurus haluan semula di hitung dari haluan semula ±
2,4 L
* TACTICAL DIAMETER ( diameter taktis )
Jarak yang di hitung dari haluan semula sampai garis yang melalui sebuah
Titik yang berbeda 180° dari haluan semula.
* DIAMETER AKHIR.
Diameter dari linkaran putar setelah kapal berputar setelah kapal
berputar
Dengan lingkaran yang titik pusat tetap.
Biasanya diameter ini lebih kecil dari diameter taktis.
* KICK (tendangan )
Jarak dari garis haluan semula ke titik lintasan putar mulai membelok
Kearah kemudi di beri.
* DRIFT ANGLE (sudut hanyut)
Sudut antara haluan kapal dan garis singgung melalui sebuah titik pada
Lintasan dimana kapal berada.
* TITIK PUTAR ( pivoting point )
Adalah titik pada mana kapal berputar bila kemudi di simpangkan.
Umumnya terletak di depan titik G kira- kira (1/6 – ¼ ) X panjang kapal
Di hitung dari linggi depan.
2..Jelaskan
tujuan di tetapkannya lingkaran putar
Jawab:
Untuk mengetahui
sifat – sifat dari pada sebuah kapal misalnya bila kemudi dicikar kekanan :
Berapa “Tactical
diameter “, “ Advance “, “Transfer “, yang dibuat kapal tersebut
Hal tersebut
diatas biasa dilakukan kepada kapal–kapal baru untuk menentukan:besarnya
Emergency
head dan Emergency astern.hasilnya akan
ditempelkan diAnjungan.yang disebut
“MANOUVERING BOARD “
3.Sebutkan
keuntungan dan kerugian baling- baling ganda
Jawab : keuntungan
-
lebih ekonomis,gejala getaran
kurang dan peralatannya lebih kecil sehingga mudah untuk disimpan apabila satu
baling-baling rusak maka kapal,masih dapat berlayar dengan kecepatan 2/3 nya
-
lebih muda untuk olah gerak
dengan tekanan kemudi yang kecil, kapal sudah dapat dikemudikan lurus, serta
mudah berputar ditempat
-
Apabila mengalami kerusakan kemudi
kapal masih bisa untuk dikemudikan dengan pengaturan kedua baling – baling
-
Keamanannya lebih besar
: Kerugiannya :
-
lebih mahal harganya, baik
bangunannya perlengkapan maupun perawatannya
-
mengurangi ruang muatan, karena
memerlukan ruangan yang besar dan poros baling – baling yang besar
-
Tros belakang mudah masuk dan
terbelit pada baling – baling karana letaknya jauh dari tengah kapal.
#. Tahapan olah gerak pengaruh kemudi
langsung dan tidak langsung pada kapal diam
kemudi
tengah tengah mesin maju adalah :
dengan
baling baling berputar berarti daun baling baling memukul
permukaan
air sehingga timbul gaya
/ tekanan ( N ) yang bekerja tegak lurus dengan baling baling,
tekanan pada daun kemudi atas
(
A ) di uraikan menjadi.:
NA’
= gaya membujur
yang bekrja kedepan
NA = gaya
melintang yang bekerja kekiri
Gaya / takanan pada daun
baling baling bawah ( B ) di uraikan menjadi :
NB’
= gaya membujur
yang bekerja kedepan
NB = gaya
melintang yang bekerja kekanan
Karena NB
> NA akibatnya buritan kapal akan di dorong kekanan
disebut gerakan 1 ( gerakan
langsung terhadap kemudi sehingga menghasilkan tenaga yang besar ).
Karena tendangan air kebawah
seluruhnya mengenai daun kemudi
dengan kata
lain gaya B
> A sehingga buritan kapal didorong kekiri, disebut gerakan 2 ( gerakan kemudi
tidak langsung yang tenaganya kecil )
Sehingga kesimpulannya kapal diam kemudi tengah-tengah dan mesin maju
buritan akan
kekanan dan haluan akan kekiri
#a.keuntungan baling baling ganda
dibandingkan dengan bling baling tinggal adalah:
-
lebih dan lebih mudah untuk
olah gerak.
-
Bila salah satu mesin rusak
kapal masih dapat melanjutkan perjalanan dengan kecepatan ½ dari kecepatan
semula.
-
Hanya dengan menggunakan
baling-baling kapal dapat membelok.
Kerugian baling-baling ganda dibandingkan dengan baling-baling tunggal
adalah:
-
memerlukan ruang mesin yang
besar sehingga tidak ekonomis
-
lebih mahal harganya
-
susah perawatannya
-
karena letak baling-baling jauh
dari tengah kapal maka tros mudah terbelit dan mudah terkena benda-benda keras
yang terapung.
b.
tahapan olah gerak kapal berputar 180ْ
di perairan sempit tanpa menggunakan jangkar
dengan arus dan angin diabaikan .
jawab:
1.datangi tempat berputar dengan stop mesin
,kemudi cikar kanan lalu
mundur penuh
kemuditengah –tengah lalu cikar kiri kemudian stop mesin
haluan kapal akan
berputar arah berlawanan dari arah datang,kemudian
mesin maju kemudi
di sesuaikan dengan arah yang di inginkan
#a.hal-hal yang perlu
di perhatikan
dalam menentukan atau memilih salah satu
cara untuk menolong orang jatuh ke laut :
jawab:
-.cara terbaik yang
diplih sesuai dengan pengalaman serta kesiapan tim
penolong orang jatuh
kelaut.
-.kemampuan olah gerak
kapal
-.jenis mesin penggerak
kapal
-.disisi mana motor boat
/ sekoci yang akan digunakan
-.jarak penglihatan pada
waktu itu
-.keadaan laut dan arah
angina
-.jarak dengan kapal
lain yang ada disekitarnya
-.lokasi kapal terhadap
bahaya navigasi yang mungkin terdapat disekitarnya
b.tulis thapan olah gerak menolong korban
jatuh kelaut dengan cara William sonturn
jawab:
a.kemudi cikar kanan
b.telegraph stand by
c.jika kapal hallluannya
sekitar 60o- 70o dari haluan semula kemudi balas
kiri ,sedang
kecepatannya menurut kebutuhan.
d.segera setelah kapal
pada haluan kebalikan dari haluan semula stop mesin
#a.sistim taifon pada
belahan bumi utara :
*angin berputar
berlawanan arah dengan arah jarum jam maka DSC (danger
semi circle) berada
pada tangan kanan. apabila menghadapi jalannya taifon
MSC (navigation
danger circle) berada pada tangan kiri.
b.prosedure persiapan
untuk menghadapi cuaca buruk adalah :
-.jangkar
diikat dengan baik di ulupnya dan kukunya masuk merapat ditempatnya
-.ulup jangkar di tutup
- rem jangkar di
periksa,pipa udara ke forepeak di tutup
- stopper serta cakar
setan(devil crow)dipasang dan dikencangkan.
- pasang borg dari kawat
baja antara kedua rantai
- palka ditutup dengan
kain terpalpaling sedikit 3 lapis dengan lapisan yang
terbaik disebelah dalam dan baji di pukul masuk
- lobang-lobang pipa
udara dan pipa penduga ditutup
- ventilasi di lepas dan
pot nya ditutupdengan terpal
- sekoci-sekoci diikat
melintang dan membujur
- pasang tali keamanan
- semua yang ada di
haluan serta semua yang bergerak dideck diikat kuat
- tuangkan minyak
peredam ombak di sekeliling kapal
- speed kapal dikurangi
jika belayar
- jangan ierlalu banyak
main kemudi
- haluan di sesuaikan
dengan sifat olah gerak kapal
0 komentar:
Posting Komentar
kritik dan masukannya boss?