Selasa, 09 Oktober 2018

Lingkaran Putar


  1. Jelaskan lingkaran putar secara keseluruhan.
Jawab
            Lingkaran putar adalah lintasan yang di buat oleh titik putar kapal itu
                                       Sewaktu kapal tersebut berputar 360° atau lebih.

             Lintasan yang terjadi merupakan jejak kapal yang di tinggal kan
              Oleh titik berat ( G) kapal itu.

 Definisi -  Definisi
* ADVANCE ( lanjutan )
   Jarak titik G sejak kapal di beri kemudi sampai arah kapal berobah
   90° dari arah semula.
   Jarak ini tergantung dari faktor- faktor
   a. massa kapal seluruh nya
   b. besarnya bagian kapaldi bawah permukaan air ( draf )
   c. type daun kemudi
   d. dongak atau nuggingnya kapal
   e. panjang kapal.


Biasanya dalam praktek jarak ini kira-kira 4 kali panjang kapal.
* TRANSFER ( peralihan )
    Jarak titik G tegak lurus haluan semula di hitung dari haluan semula ± 2,4 L
* TACTICAL DIAMETER ( diameter taktis )
    Jarak yang di hitung dari haluan semula sampai garis yang melalui sebuah
    Titik yang berbeda 180° dari haluan semula.
* DIAMETER AKHIR.
   Diameter dari linkaran putar setelah kapal berputar setelah kapal berputar
   Dengan lingkaran yang titik pusat tetap.
   Biasanya diameter ini lebih kecil dari diameter taktis.
* KICK (tendangan )
   Jarak dari garis haluan semula ke titik lintasan putar mulai membelok
   Kearah kemudi di beri.
* DRIFT ANGLE (sudut hanyut)
   Sudut antara haluan kapal dan garis singgung melalui sebuah titik pada
    Lintasan dimana kapal berada.
* TITIK PUTAR ( pivoting point )
    Adalah titik pada mana kapal berputar bila kemudi di simpangkan.
   Umumnya terletak di depan titik G kira- kira (1/6 – ¼ ) X panjang kapal
    Di hitung dari linggi depan.

2..Jelaskan tujuan di tetapkannya lingkaran putar
Jawab:
Untuk mengetahui sifat – sifat dari pada sebuah kapal misalnya bila kemudi dicikar kekanan :
Berapa “Tactical diameter “, “ Advance “, “Transfer “, yang dibuat kapal tersebut
Hal tersebut diatas biasa dilakukan kepada kapal–kapal baru untuk menentukan:besarnya
Emergency head dan Emergency astern.hasilnya akan ditempelkan diAnjungan.yang disebut

“MANOUVERING BOARD “


3.Sebutkan keuntungan dan kerugian baling- baling ganda
    Jawab : keuntungan
-          lebih ekonomis,gejala getaran kurang dan peralatannya lebih kecil sehingga mudah untuk disimpan apabila satu baling-baling rusak maka kapal,masih dapat berlayar dengan kecepatan 2/3 nya
-          lebih muda untuk olah gerak dengan tekanan kemudi yang kecil, kapal sudah dapat dikemudikan lurus, serta mudah berputar ditempat
-          Apabila mengalami kerusakan kemudi kapal masih bisa untuk dikemudikan dengan pengaturan kedua baling – baling
-          Keamanannya lebih besar
                
                     : Kerugiannya :
-          lebih mahal harganya, baik bangunannya perlengkapan maupun perawatannya
-          mengurangi ruang muatan, karena memerlukan ruangan yang besar dan poros baling – baling yang besar
-          Tros belakang mudah masuk dan terbelit pada baling – baling karana letaknya jauh dari tengah kapal. 


#. Tahapan olah gerak pengaruh kemudi langsung dan tidak langsung pada kapal diam       
    kemudi tengah tengah  mesin maju adalah :
                                    dengan baling baling berputar berarti daun baling baling memukul
                                    permukaan air sehingga timbul gaya / tekanan ( N ) yang bekerja                                          tegak lurus dengan baling baling, tekanan pada daun kemudi atas
                                    ( A ) di uraikan menjadi.:
                                    NA’ = gaya membujur yang bekrja kedepan
                                    NA  = gaya melintang yang bekerja kekiri
                                    Gaya / takanan pada daun baling baling bawah ( B ) di uraikan                                            menjadi :
                                    NB’ = gaya membujur yang bekerja kedepan
                                    NB  = gaya melintang yang bekerja kekanan
                                    Karena NB > NA akibatnya buritan kapal akan di dorong kekanan
                                    disebut gerakan 1 ( gerakan langsung terhadap kemudi sehingga                                                                              menghasilkan tenaga yang besar ).
                                    Karena tendangan air kebawah seluruhnya mengenai daun kemudi           
                                    dengan kata lain gaya B > A sehingga buritan kapal didorong kekiri,                                   disebut gerakan 2 ( gerakan kemudi tidak langsung yang tenaganya                                                                   kecil )
    Sehingga kesimpulannya kapal diam kemudi tengah-tengah dan mesin maju buritan akan
    kekanan dan haluan akan kekiri
 
#a.keuntungan baling baling ganda dibandingkan dengan bling baling tinggal adalah:
-          lebih dan lebih mudah untuk olah gerak.
-          Bila salah satu mesin rusak kapal masih dapat melanjutkan perjalanan dengan kecepatan ½ dari kecepatan semula.
-          Hanya dengan menggunakan baling-baling kapal dapat membelok.

     Kerugian baling-baling ganda dibandingkan dengan baling-baling tunggal adalah:
-          memerlukan ruang mesin yang besar sehingga tidak ekonomis
-          lebih mahal harganya
-          susah perawatannya
-          karena letak baling-baling jauh dari tengah kapal maka tros mudah terbelit dan mudah terkena benda-benda keras yang terapung.          

 b. tahapan olah gerak kapal berputar 180ْ  di perairan sempit tanpa menggunakan jangkar
     dengan arus dan angin diabaikan .
jawab:
                        1.datangi  tempat berputar dengan stop mesin ,kemudi  cikar kanan lalu
                            mundur penuh kemuditengah –tengah lalu cikar kiri kemudian stop mesin    
                            haluan kapal akan berputar arah berlawanan dari arah datang,kemudian
                            mesin maju kemudi di sesuaikan dengan arah yang di inginkan
#a.hal-hal yang perlu di perhatikan
     dalam menentukan atau memilih salah satu cara untuk menolong orang jatuh ke laut :
jawab:
                        -.cara terbaik yang diplih sesuai dengan pengalaman serta kesiapan tim
                           penolong orang jatuh kelaut.
                        -.kemampuan olah gerak kapal
                        -.jenis mesin penggerak kapal
                        -.disisi mana motor boat / sekoci yang akan digunakan
                        -.jarak penglihatan pada waktu itu
                        -.keadaan laut dan arah angina
                        -.jarak dengan kapal lain yang ada disekitarnya
                        -.lokasi kapal terhadap bahaya navigasi yang mungkin terdapat disekitarnya
 b.tulis thapan olah gerak menolong korban jatuh kelaut dengan cara William sonturn
 jawab:
                        a.kemudi cikar kanan
                        b.telegraph stand by
                        c.jika kapal hallluannya sekitar 60o- 70o dari haluan semula kemudi balas
                           kiri ,sedang kecepatannya menurut kebutuhan.
                        d.segera setelah kapal pada haluan kebalikan dari haluan semula stop mesin
#a.sistim taifon pada belahan bumi utara :
                        *angin berputar berlawanan arah dengan arah jarum jam maka DSC (danger
                          semi circle) berada pada tangan kanan. apabila menghadapi jalannya taifon
                          MSC (navigation danger circle) berada pada tangan kiri.

b.prosedure persiapan untuk menghadapi cuaca buruk adalah :
                        -.jangkar diikat dengan baik di ulupnya dan kukunya masuk merapat                                     ditempatnya
                        -.ulup jangkar di tutup
                        - rem jangkar di periksa,pipa udara ke forepeak di tutup
                        - stopper serta cakar setan(devil crow)dipasang dan dikencangkan.
                        - pasang borg dari kawat baja antara kedua rantai
                        - palka ditutup dengan kain terpalpaling sedikit 3 lapis dengan lapisan yang
                           terbaik   disebelah dalam dan baji di pukul masuk
                        - lobang-lobang pipa udara dan pipa penduga ditutup
                        - ventilasi di lepas dan pot nya ditutupdengan terpal
                        - sekoci-sekoci diikat melintang dan membujur
                        - pasang tali keamanan
                        - semua yang ada di haluan serta semua yang bergerak dideck diikat kuat
                        - tuangkan minyak peredam ombak di sekeliling kapal
                        - speed kapal dikurangi jika belayar
                        - jangan ierlalu banyak main kemudi
                        - haluan di sesuaikan dengan sifat olah gerak kapal  
                                                           

0 komentar:

Posting Komentar

kritik dan masukannya boss?