Soal Olah Gerak Kapal
1. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi olah gerak
kapal antara lain:
a.1. Faktor dari dalam :
-Sifat tetap : - Sifat
tidak tetap:
a. Bentuk kapal. a.
Sarat/draft kapal.
b.Tenaga pendorong/mesin. b. Trim dan list kapal.
c. Baling-baling. c.
Keadaan pemuatan
d. Bentuk daun kemudi. d.
Karang dikulit kapal/tritip.
a.2. Faktor
dari luar :
-Angin.
-Ombak.
-Dalam dan lebar perairan.
-Jauh dekatnya dengan kapal lain.
-Arus.
b. Faktor yang
mempengaruhi lingkaran putar antara lain:
1. Panjang
kapal adalah semakin panjang kapal makin besar lingkaran putarnya.
2. Masa
kapal adalah semakin besar masa kapalnya maka akan semakin besar pula lingkaran
putarnya.
3. Besar
dan bentuk daun kemudi adalah kemudi yang berukuran sesuai akan lebih efektif
untuk berputar.
4. Kecepan kapal adalah kecepatan kapal yang
berubah-ubah/berlainan akan memberikan bentuk atau besar lingkaran putar yang
berlainan pula dan semakin tinggi kecepatan kapal pada waktu berputar maka
semakin kecil lingkaran putarnya.
5. Moment inertia (bentuk kapal dibawah air) adalah
semakin besar konsentrasi berat diluar bidang simetris kapal maka semakin besar
pula lingkaran putarnya.
6. Dead wood adalah semakin besar potongan dead wood
sebuah kapal maka makin kecil lingkaran putarnya.
2. Cara kapal berolah gerak untuk putar 180˚ di perairan sempit dan dangkal:
Keterangan :
-
Pada posisi no 2 mesin mundur pelan sekali, kapal tiba di posisi no 3.
-
Setelah kapal berada pada posisi no3 kemudi kanan, mesin maju pelan
sekali, kapal tiba di posisi no 4.
-
Kemudian kemudi tengah-tengah dan selanjutnya kapal berlayar di poros
alur dengan kecepatan aman.
3. Gambar lingkaran putar (turning circle) sebuah kapal
-Tranfer(peralihan) adalah jarak titik G sampai kapak tegak lurus dari haluan semula
jarak ini ± 2,4 panjang kapal.
-Tactical diameter adalah jarak yang
dihitung dari haluan semula sampai garis melalui titik yang
berbeda 180° dari haluan semula.
-Diameter akhir adalah diameter dari
lingkaran putar setelah kapal berputar dengan lingkaran yang bertitik pusat
tetap, lebih kecil dari tactical diameter.
-Kick(tendangan) adalah jarak dari garis
haluan semula ketitik lintasan dari titik mana lingkaran putar memulai membelok
kearah kemudi yang dikehendaki.
-Drif Tangle(sudut hanyut)
adalah sudut yang dibentuk antara haluan kapal dan garis singgung yang melalui
sebuah titik pada lintasan dimana kapal berada.
4.
Gambar sketsa teknik olah gerak kapal untuk sandar kanan pada dermaga yang
kebetulan di area tersebut terdapat
angin dari darat:
5.a. Rantai jangkar 3 shackles on deck artinya rantai
jangkar sudah dihibob 3 shackles (nampak pada tanda) dan sudah berada di deck
(bak rantai jangkar).
b. Rantai jangkar 3 Shackles in the water artinya rantai
jangkar sudah dilego sebanyak 3 shackles di air.
0 komentar:
Posting Komentar
kritik dan masukannya boss?