Selasa, 09 Oktober 2018

Contoh Soal Olah Gerak Kapal


Soal Olah Gerak Kapal

1. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi olah gerak kapal antara lain:
a.1. Faktor dari dalam :         
-Sifat tetap :                                        - Sifat tidak tetap:
a. Bentuk kapal.                                              a. Sarat/draft kapal.
b.Tenaga pendorong/mesin.                            b. Trim dan list kapal.
c. Baling-baling.                                              c. Keadaan pemuatan
d. Bentuk daun kemudi.                                  d. Karang dikulit kapal/tritip.
 a.2. Faktor dari luar :
-Angin.
-Ombak.
-Dalam dan lebar perairan.
-Jauh dekatnya dengan kapal lain.
-Arus.
 b. Faktor yang mempengaruhi lingkaran putar antara lain:
     1. Panjang kapal adalah semakin panjang kapal makin besar lingkaran putarnya.
     2. Masa kapal adalah semakin besar masa kapalnya maka akan semakin besar pula lingkaran      putarnya.
     3. Besar dan bentuk daun kemudi adalah kemudi yang berukuran sesuai akan lebih efektif untuk berputar.
4. Kecepan kapal adalah kecepatan kapal yang berubah-ubah/berlainan akan memberikan bentuk atau besar lingkaran putar yang berlainan pula dan semakin tinggi kecepatan kapal pada waktu berputar maka semakin kecil lingkaran putarnya.
5. Moment inertia (bentuk kapal dibawah air) adalah semakin besar konsentrasi berat diluar bidang simetris kapal maka semakin besar pula lingkaran putarnya.
6. Dead wood adalah semakin besar potongan dead wood sebuah kapal maka makin kecil lingkaran putarnya.
2.  Cara kapal berolah gerak untuk putar 180˚ di perairan sempit dan dangkal:
      Keterangan : 

      -    Kapal melakukan Stara memutar dari kiri alur, kemudi kanan, mesin maju pelan sekali, kapal tiba di posisi no 2.
-    Pada posisi no 2 mesin mundur pelan sekali, kapal tiba di posisi no 3.
-    Setelah kapal berada pada posisi no3 kemudi kanan, mesin maju pelan sekali, kapal tiba di posisi no 4.
   -    Kemudian kemudi tengah-tengah dan selanjutnya kapal berlayar di poros alur dengan    kecepatan aman.
3. Gambar lingkaran putar (turning circle) sebuah kapal
     -Advance(lanjutan) adalah jarak dari titik G(titik berat kapal) sejak kemudi simpangkan kekanan    sampai haluan kapal berubah 90° dari arah semula dalam praktek ini ± 4 X panjang kapal.
     -Tranfer(peralihan) adalah jarak titik G sampai kapak tegak lurus dari haluan semula jarak ini ± 2,4 panjang kapal.
-Tactical diameter adalah jarak yang dihitung dari haluan semula sampai garis melalui titik         yang berbeda 180° dari haluan semula.
-Diameter akhir adalah diameter dari lingkaran putar setelah kapal berputar dengan lingkaran yang bertitik pusat tetap, lebih kecil dari tactical diameter.
-Kick(tendangan) adalah jarak dari garis haluan semula ketitik lintasan dari titik mana lingkaran putar memulai membelok kearah kemudi yang dikehendaki.
-Drif Tangle(sudut hanyut) adalah sudut yang dibentuk antara haluan kapal dan garis singgung yang melalui sebuah titik pada lintasan dimana kapal berada.
4. Gambar sketsa teknik olah gerak kapal untuk sandar kanan pada dermaga yang kebetulan di  area tersebut terdapat angin dari darat:



5.a. Rantai jangkar 3 shackles on deck artinya rantai jangkar sudah dihibob 3 shackles (nampak pada tanda) dan sudah berada di deck (bak rantai jangkar).
b. Rantai jangkar 3 Shackles in the water artinya rantai jangkar sudah dilego sebanyak 3 shackles di air.



0 komentar:

Posting Komentar

kritik dan masukannya boss?