Selasa, 09 Oktober 2018

Cargo Handling System


 PENATAAN PEMUATAN 
 Cargo Handling System
1.    Apakah yang di maksud dengan :
1. Stowage plan                = adalah gambar / denah rencana pemuatan sebuah kapal
2. Stowage factor              = yaitu besarnya ruangan dalam m³ yg dpt di muat dgn muatan                
                                             sejenis sebanyak 1 metric ton (1000 kg) tanpa broken stowage.
3. Muatan ringan               = yaitu muatan yang mempunyai SF > 1,114 m³  / ton.
4. Muatan berat                 = yaitu muatan yang mempunyai SF < 1,114 m³  / ton.
5. Adevalorne                   = yaitu setiap jenis muatan yang uang tambangnya ditentukan dari
                                             Nilainya.
6. Muatan berharga           = yaitu muatan dengan bentuk kecil namun memiliki nilai tinggi
7. Broken stowage                        = yaitu besarnya prosentase ruangan yang tidak dapat di isi muatan.
8. Bay plan                        = rencana pengaturan muatan pada kapal peti kemas (container)
9. Measurement ton          = muatan yg SF nya =sama dgn 1,116 m³/ton
    10.  Ullage                           = jarak tegak lurus yg di ukur dari permukaan cairan sampai ke
                                             permukaan tanki
    11. Innage                           = jarak tegak lurus yg di ukur dari dasar tanki s/d ke permukaan Cairan
    12. Filler cargo                    = muatan² kecil yg dpt disisipkan kedalam / diantara muatan² besar.
    13. Over draft                     = suatu keadaan dimana sarat kpl melebihi sarat maximum yg diijinkan
    14. Over carriage                 = muatan yg seharusnya dibongkar disuatu pelabuhan tujuan, terbawa
                                             kepelabuhan berikutnya
    15. Over stowage                = muatan yg seharusnya dibongkar disuatu pelabuhan tujuan, terhalang         
                                             oleh muatan yg diatasnya
    16. Long hatch                    = penumpukan suatu jenis muatan dgn jumlah banyak pada suatu palka
                                             untuk 1 pelabuhan tertentu
    17. Full & Down                 = suatu keadaan dimana kapal setelah selesai pemuatan mencapai
                                             keadaan palka kapal terisi penuh dgn muatan dan kapal terbenam
                                             sampai sarat maximum
    18. Optional cargo              = muatan yg dikapalkan tetapi belum ditentukan pelabuhan tujuannya
    19. Measurement cargo       = muatan yg mempunyai SF lebih besar dari pada standart SF
    20. Oil plan                                     = rencana pengaturan muatan pada kapal tanker
    21. FWA                             = terbenamnya kpl apabila berlayar dari air laut ke air tawar/ sebaliknya
    22. DWA                            = terbenamnya kpl apabila berlayar dari air laut ke air payau/ sebaliknya
    23. TPC                               = jumlah ton muatan yg dimuat / dibongkar untuk mengubah sarat rata² 
   kapal setinggi 1 cm
    24. API GRAVITY                        = satuan dari berat jenis cairan yang dinyatakan dalam satuan tersendiri  
                                                   dalam versi amerika

2.    Apakah keuntungan dan kerugian antara pemuatan dengan peti kemas dibandingkan
       dengan cara konvensional ?
keuntungan pemuatan dengan peti kemas :
-          muat / bongkar lebih cepat dan aman
-          resiko kerusakan dan pencurian berkurang (door to door service)
-          pelayanan dan pengawasan mudah
-          biaya secara umum lebih kecil
-          asuransi lebih mudah
kerugian pemuatan dengan peti kemas :
-          infestasi besar
-          SDM perlu di tingkatkan (komputerisasi)
-          Sosialisasi perubahan system.

3.     sebuah kapal peti kemas mempunyai daya angkut 800 TEUS, apa artinya istilah tsb.?
  Jawab : kapal tsb mempunyai daya angkut sebanyak 800 peti kemas dgn ukuran / peti kemas adalah 20 feet.











4.    sbh kapal tiba disungai (BJ : 1,010) dgn sarat rata² : 5,040 meter. Kapal harus dimuat di sungai   
    hingga mencapai keadaan. Hingga bila tiba dilaut (BJ : 1,025) dgn sarat maximum 7,50 meter,
    jarak dari tempat muat di sungai sampai kelaut : 520 mil.
      Data² kapal : dwt kpl : 11800 ton, TPC : 40 ton/cm kec,kapal 15 knot DCFO : 10 ton,
      DCFW : ² ton.
      Ditanya : a). brapa sarat kapal waktu bertolak ?
                      b). brapa ton muatan yg di muat ?                      jawab :
      Δ draft karena perubahan BJ
      DWA = FWA x ( 1,025 – 1,010 )  = 11800   x  (0,6)  = 4,425 cm = 0,04425 m
                                          0,025               40 x 40
     -.  Δ draft karena pemakaian FO & FW
         520’  = 34,66 jam  =  1,44 hari
        15’/jam
     -.  12 T x 1,44  =  17,333 T   =  0,4 cm ( 0,004 ) m
                    TPC              40 T/cm
           -.  Draft max laut         = 7,50       m
                Δ draft (DWA)       = 0,04425 m
                Δ draft ( FO + FW)            = 0,00400 m
            a). draft max (tolak)    = 7,54825 m
                 draft tiba disungai = 5, 04000 m
                        Δ draft                        = 2,50825 m  ( 250,825 cm )
            b). cargo yang dimuat = Δ draft x TPC  =  250,825 cm x 40 T/cm  =  10033 T

5.    sbh kapal dgn DWT : 8200 tons di kapal sudah tersedia bahan bakar 600 ton, air tawar 300 ton dan store : 100 ton kapal tsb memiliki ³ palka dgn data² sbb :
palka I  : 2100 m³ , palka II : 3600 m³  , palka III : 1900 m³ , BS di abaikan , akan di muati dgn
beras SF : ²,45 m³/ ton, Ditanya : berapa ton masing² muatan yg dapat dimuat pada setiap palka
                                                     agar mencapai keadaan “full & down” ?
#. DWT        = 8200 T                      #. Palka I         = 2100             SF A    = 0,95 ( beras )
    BB            =   600 T                          palka II        = 3600             SF Β    = 2,45 ( peti² )
    FW           =   300 T                          palka III      = 1900
    Store         =   100 T _                   Total V palka  = 7600 m³       
cargo DWT  = 7200 T
#.      A         +          B         =          7200    /  x 0,95
      0,95 A    +   2,45 Β        =          7600    /  x  1   
      0,95 A    +   0,95 Β        =          6840                .
                          1,50 Β        =          760
                                  Β        =          760 / 1,50
                     ( Peti² ) Β        =          506,666 T
                     ( beras) A        =          7200 – 506,666           = 6693,33 T
#. Muatan beras dimuat di :
         - palka I    : 2100  x  6693,33  =   189,47 T
                             7600
         - palka II   : 3600  x  6693,33  =  3170,53 T
                             7600
         - palka III  : 1900  x  6693,33  =  1673,33 T
                             7600
#. Muatan peti² yang dimuat di :
         - palka I    : 2100  x  506,666  =  139,999 T
                            7600
         - palka II   : 3600  x  506,666  =  239,999 T
                            7600
         - palka III  : 1900  x  506,666  =  126,666 T
                             7600











6.    Selesai pemuatan HSD di tangki 2 diperoleh data sebagai berikut :
       - Ullage = 1,350 meter, suhu pemuatan 13°C.BJ HSD = 0,940, coefficient correction BJ =
          0,00070/°C.
         daftar kalibrasi tangki 2 adalah :
ULLAGE
VOLUME
1,250
4740
1,500
4,440
       Berapa ton HSD yang termuat ?
       Jawab :
      * Nilai Interpolasi pada ullage 1,350 m = ( 1,350 – 1,250 ) x ( 4740 – 4440 ) = 120 M³
                                                                       ( 1,500 – 1,250 )
      * Jadi volume HSD pada ullage 1,350   = 4740 – 120 = 4620 m³
      * BJ HSD pada suhu pemuatan 13°C ( S2 ) :
            S2 = S1 – C. ( T2 – T1 )
                 = 0,940 – 0,00070/°C. ( 13°- 15,6° )
                 = 0,94182 T/m³
      * Berat HSD yang termuat ( T )
              T = V x S2
                 = 4620 m³ x 0,94182 T/m³
                 = 4351,2084 ton

7.     Sebuah kapal dengan DWT = 5400 ton dan Bale capacity = 7400 m³
        akan dimuati hingga mencapai full and down., dengan muatan² sebagai berikut :
-          ( A )    bal² textile dgn BJ = 0,1786  ( SF = 1/BJ = 5,599 )
-          ( Β )    peti² dgn BJ = 2,820  (  SF = 1/BJ = 0,354 )         
       dikapal sudah terdapat FO,FW,dan store sebanyak 180 ton. Dan diperkirakan ada BS 10 %.
       Berapa ton masing² muatan dapat dimuat.?
       Jawab :
                    * Bale capacity    = 7400                                         * DWT                  = 5400
                             BS 10 %     =   740                                            operation load     = 180
                      Volume effectif = 6660                                                DWT effectif  = 5220 T
       Persamaan :
                      A             +             Β               = 5220 / x 5,599
              5,599 A           +      0,354 B            = 6660 / x 1        .
              5,599 A           +      5,599 Β            = 29226,78         .
                                              5,245 Β            = 22566,78
                                           ( peti² ) Β            = 4302,5319 ton
                                 ( bal² textile ).A            = 5220 – 4302,5319 = 917,468 ton.
        

8.     Geladak antara sebuah kapal berukuran p x ℓ x t = 20 m x 12 m x 4 m.
        akan dimuati dengan aman muatan² sbb :
(A)  Beras dgn SF = 0,425 m³/ton  ( BJ = 1/SF = 2,3529 )
(B)   Bal² kain dgn SF = 2,906 m³/ton  ( BJ = 1/SF = 0,3441 )
     Pemuatan tidak melampaui DLC ( 2,24 ton/m² ).
     Ditanya : berapa ton masing² muatan dapat dimuat ?
     Jawab    :
     * hA = C – ( H x BJ B ) = 2,24 – ( 4 x 0,3441 ) =    0,476    = 0,2369 m
                 ( BJ A – BJ Β )       ( 2,3529 – 0,3441 )    ( 2,0088 )
     * hB  = 4m – 0,2369m = 3,763 m
      
     * Volume muatan A = p x ℓ x hA = 20 x 12 x 0,2369 = 56,856 m³
             berat muatan A = VA / SF A = 56,856 m³ / 0,425 m³/t = 133,779 ton.
     * Volume muatan Β = p x ℓ x hB = 20 x 12 x 3,7630 = 903,12 m³
             berat muatan B = VA / SF B = 903,12 m³ / 2,906 m³/t = 310,777 ton         
   


0 komentar:

Posting Komentar

kritik dan masukannya boss?